Our Feeds

Motto

Etik, Estetik, Puitik

Selamat Mengaji

Mengaji Sepanjang Hari

Jumat, 17 Mei 2024

Syakir NF

Sampai Ngopi di Luar Negeri

Peserta program persiapan beasiswa Dana Abadi Pesantren Kementerian Agama-LPDP di Pusat Pengembangan Bahasa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (Foto: Maret 2024)


Setiap jumpa pastilah pisah. itulah yang tengah kami hadapi selepas tiga bulan berjuang bersama mengikuti kursus IELTS sebagai persiapan beasiswa luar negeri di Pusat Pengembangan Bahasa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, sebuah program yang disiapkan Kementerian Agama dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk akademisi dari pesantren.


Ada bendungan yang tak lama lagi pecah di pelupuk sebab sedemikian erat kami saling 'memeluk', tetapi keadaan membuat kami remuk. Meski demikian, kami sudah berkomitmen untuk selalu saling memupuk mimpi-mimpi kami agar tidak lapuk.


Tiga bulan rasanya demikian singkat untuk kami yang sudah menganggap rekan kelas adalah kerabat, bukan lagi sekadar sahabat. Namun waktu tetaplah waktu yang tak dapat diperpanjang ataupun dipersingkat. Ia selalu berjalan sesuai dengan kodrat. Dan sekali lagi, jarak bakal memaksa kita bersekat.


Guna menenangkan diri yang sudah kalut luar biasa, saya mengumpulkan keyakinan sembari membayangkan bahwa akan tiba suatu masa, kami saling berkunjung di negeri dan kampus yang menjadi jawaban ketika orang-orang bertanya hendak lanjut ke mana. Sebuah keyakinan yang diaminkan bersama.


Mengutip senandung Ummi Kultsum dalam "Zekrayat", saya meyakini tiga bulan ini bakal "terngiang sepanjang hayat".


Program kita memang sudah selesai. Namun perjuangan ini belum usai mengingat cita-cita belum kita capai. Yakinkanlah diri kita, bahwa apa yang kita tanam, tak lama lagi akan kita tuai.


Syakir NF, 16 Mei 2024

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »