Our Feeds

Motto

Etik, Estetik, Puitik

Selamat Mengaji

Mengaji Sepanjang Hari

Kamis, 10 Januari 2019

Syakir NF

Bergembira dengan Para Bajingan

Sumber: Bukalapak


Mendengar kata ‘bajingan’, benak saya sendiri langsung memvisualisasikan sosok yang menyeramkan, seseorang yang bertubuh tinggi nan gempal, di beberapa bagian tubuhnya terdapat tato, dan matanya yang merah. Selain itu, bajingan juga bersikap bengis nan sadis.

Istilah ‘bajingan’ berasal dari kata bajing, salah satu jenis hewan, yang diberi imbuhan –an di akhirnya. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan istilah tersebut sebagai penjahat atau pencopet. Makna lainnya sebagai kata sifat, bajingan merupakan kata makian untuk mereferensikan kurang ajar.  Namun, gambaran demikian tidak sepenuhnya terbaca dalam buku Para Bajingan yang Menyenangkan.

Memang, para tokoh itu melakukan berbagai kejahatan, seperti berjudi, minum-minuman beralkohol, hingga mengeroyok orang. Belum lagi melakukan hal-hal yang dilarang agama, seperti tidak berpuasa Ramadan dan makan babi. Namun, hal itu diiringi tingkah lakunya yang juga jenaka sehingga mampu membuat pembaca terpingkal-pingkal.

Bagor, salah satu dari para bajingan itu, misalnya, yang diberangkatkan kuliah lagi di Amerika oleh perusahaan tempat dia bekerja. Di negeri Paman Sam itu, ia kerap kali dipalak oleh sekelompok preman setempat, meskipun dia juga bajingan. Namun, mereka tidak lagi memalaknya pascamelihat dan mendengar penjelasannya tentang kaos yang ia kenakan.

Saat itu, Bagor mengenakan kaos yang bergambar ikan berkepala anjing bertuliskan iwak asu. Iwak dalam bahasa Jawa berarti daging atau ikan, sedang asu berarti anjing. Jadi kaos itu sengaja dibuat oleh sebuah komunitas yang sebenarnya menolak memakan daging anjing. Tapi ia menjelaskan sebaliknya kepada para preman yang penasaran dan bertanya tentang jenis hewan yang ada di kaosnya itu. Sontak para preman itu ketakutan karena mengira Bagor seorang psikopat.

Selain itu, kekocakan mereka yang lain itu saat berada di suatu toko kaset bilang ingin membeli kaset grup band Manchester United. Padahal, nama yang ia sebut itu merupakan grup sepak bola dari Inggris.

Puthut EA berhasil mengolah cerita yang mestinya tegang itu menjadi sebaliknya, sangat cair. Saya sendiri membaca ini di bus saat pulang dari kantor dan KRL menuju kantor membuat tertawa-tawa sendirian. Sayangnya karena di area publik jadi tak bisa lepas. Mulut aja terbuka lebar karena tak sanggup menahannya. Hanya suaranya saja saya tahan supaya tidak mengganggu para penumpang yang lain.

Membaca Para Bajingan yang Menyenangkan membuat kita senang. Setidaknya, buku itu dapat melepas kita dari penat dan nikmat untuk dibawa jalan-jalan jika kita naik kendaraan karena tidak terlalu tebal sehingga dalam keadaan berdiri di mobil atau kereta saat menuju dan pulang dari kantor itu masih bisa kita nikmati.

Syakir NF, salah satu pengikut Instagram @Puthutea

Identitas Buku
Judul               : Para Bajingan yang Menyenangkan
Penulis             : Puthut EA
Penerbit           : Buku Mojok
Cetakan           : I, Desember 2016
Tebal               : 178 halaman
ISBN               : 978-602-1318-44-7

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
31 Januari 2020 pukul 10.12 delete

Nama: __ Hendi Zikri Didi
Bandar: _______________ Melacca
pekerjaan: _ Pemilik perniagaan
Sebarang notis: ____ hendidi01@gmail.com

Halo semua, sila berhati-hati tentang mendapatkan pinjaman di sini, saya telah bertemu dengan banyak peminjam palsu di internet, saya telah menipu saya hampir menyerah, sehingga saya bertemu seorang rakan yang baru saja memohon pinjaman dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia memperkenalkan saya kepada legitamate AASIMAHA ADILA AHMED LOIR FIRM, saya memohon Rm1.3 juta. Saya mempunyai pinjaman saya kurang dari 2 jam hanya 1% tanpa cagaran. Saya sangat gembira kerana saya diselamatkan daripada mendapatkan hutang miskin. jadi saya nasihat semua orang di sini memerlukan pinjaman untuk menghubungi AASIMAHA dan saya memberi jaminan bahawa anda akan mendapat pinjaman anda.

Pusat Aplikasi / Hubungi
E-mail: ._________ aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com
WhatsApp ____________________ + 447723553516

Reply
avatar